Selamat Hari Tani! Petani Harus Selamat!


Hari ini 24 September 2017. Seperti hari sebelum hari ini dan setelah hari ini, aku akan kembali makan sepiring, dua piring nasi. Terimakasih Petani. Terimaksih Ibu, terimakasih Bapak.
Selamat hari tani, terimakasih untukmu. Walau harimu tak seheboh masyarakat merayakan setiap moment seorang Rafi yang menguasai tipi, tapi tanpamu tak lagi ada sepiring nasi. Terimakasih sekali lagi.
Setiap 24 September di Indonesia diperingati sebagai hari tani nasional. Ini sebagai bentuk peringatan UU Pokok Agraria dan hari rayanya petani di Indonesia.
Tahun ini Serikat Petani Indonesia (SPI) mengambil tema: Indonesia Darurat Agraria: Segera Laksanakan Reforma Agraria Sejati untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan.
Menurut saya soal pangan ini bukan soal yang bisa diduakan. Ia perlu media untuk menaman dan media itu adalah tanah. Maka garisnya harus lurus, kita ingin berdaulat pangan ya kita harus bisa berdaulat atas tanah. Akan tetapi yang terjadi selama ini adalah petani semakin banyak kehilangan tanahnya.
Aku kira akan menjadi begitu panjang dan serius jika membahas soal ini. Lebih enak dan nyaman kita bisa sama-sama memulai dengan membaca sejarah UU Pokok Agraria di Historia.
Soal Pangan Soal Hidup Mati! Selamat Hari Tani! Petani Harus Selamat!

Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed

Sapa Maya

More Stories
Di senja mendung itu ada rindu