Beberapa Alasan Menulis Cerpen

Tadi malam di grup komunitas obrolin, ada kelas diskusi soal menulis cerpen. Saya kebetulan sedang tidak dapat mengikuti. Saya bertemu dengan salah satu kawan blogger dari Surabaya, kak Anisfa.

Langsung saja, karena saya tidak dapat mengikuti diskusi dan ada uneg-uneg di kepala saya yang tiba-tiba saja meminta untuk berwujud tulisan, maka saya mencoba menulis dalam postingan kali ini.

Kunci keberhasilan dalam melakukan suatu kegiatan adalah memiliki alasan dan tujuan mengapa kita melakukan kegiatan tersebut. Misal, kegiatan saya adalah ngeblog, sebagai seorang yang bermian blog saya memiliki alasan mengapa saya melakukan kegiatan ngeblog ini; untuk berbagi informasi, menambah ilmu pengetahuan, mendokumentasikan apa yang saya pelajari, mengisi waktu luang dan banyak lagi.

Nah kalau kita adalah orang yang ingin atau bercita-cita menjadi penulis, dalam hal ini menulis cerpen. Kita harus memiliki alasan dan tujuan mengapa kita menulis cerpen, pertama-tama mari kita bertanya pada diri kita masing-masing. “Untuk apa saya menulis cerpen?”, “Mengapa saya menulis cerpen?”

Dalam kegiatan menulis cerpen kita harus tahu terlebih dahulu alasan dan tujuan kita, sebab akan sangat sulit bagi kita untuk bisa menulis cerpen dengan baik tanpa alasan dan tujuan yang kuat. Biasanya, pengalaman saya pribadi ketika saya tidak memulai dengan alasan dan tujuan yang jelas cerpen saya akan lama selesainya, atau selesai ala kadarnya. Hal ini karena saya sulit untuk fokus dan konsentrasi, sehingga ketika muncul kendala saya akan mudah menyerah.

Nah dalam kesempatan ini saya akan berbagi informasi tentang beberapa alasan menulis cerpen, alasan ini adalah alasan umum dari orang-orang yang menulis cerpen yang pernah saya temui.

Menulis cerpen adalah kegiatan mencipta.

Menulis adalah tindakan mencipta, yaitu mewujudkan ide atau cerita yang ada dalam fikiran kita dalam wujud tulisan yang terlihat dan dapat di baca atau di nikmati oleh orang lain. Begitu juga menulis cerpen, dengan menulis cerpen kita telah menciptakan sebuah cerita yang berwujud yaitu berwujud tulisan.

Maka menulis cerpen bisa menjadi alasan anda untuk mendokumentasikan peristiwa sehari-hari atau ide cerita yang anda miliki menjadi wujud tulisan, alasan untuk mewujudkan atau menciptakan ide menjadi berwujud tulisan adalah alasan yang sangat baik untuk menulis cerpen.

Bagi kita yang memiliki bakat mencipta yang mumpuni, kegiatan menulis atau mencipta cerpen akan dengan sendirinya memacu kreatifitas. Dengan terus mengasah kemampuan anda menulis cerpen maka lambat laun anda akan mampu dan terbiasa untuk berfikir kreatif dan mampu menulis cerpen yang baik.

Menulis cerpen untuk menyampaikan sesuatu kepada pembaca.

Seperti sudah saya ulas di atas, setelah ide atau cerita kita tuang dalam wujud tulisan maka ide tersebut dapat di baca dan dinikmati oleh orang lain.

Alasan atau tujuan kita menulis cerpen yang kedua yaitu untuk menyampaikan ide, gagasan, pengetahuan, pengalaman, cerita atau apapun yang anda fikirkan kepada pembaca.

Misalnya saya ingin menyampaikan gagasan saya tentang susah senangnya menjadi pengangguran, maka saya bisa menyampaikan ide tersebut dengan menulis cerpen tentang pengangguran yang ada di benak saya.

Menulis cerpen untuk mengekspresikan diri.

Dengan menulis cerpen, kita bisa mengekspresikan perasaan kita secara bebas. Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti mengalami banyak hal yang berhubungan dengan perasaan kita seperti: jatuh cinta, sedih, senang, kecewa, marah, bangga, takut, dan perasaan lainnya.

Perasaan-perasaan dalam kehidupan sehari-hari tersebut bisa kita tulis sebagai wadah melampiaskan berbagai macam perasaan tersebut.

Melampiaskan perasaan dalam wujud tulisan atau cerpen terbukti bermanfaat bagi kesehatan psikologi kita. Dari pada kita marah-marah ngak jelass, atau galau berkepanjangan, tulis saja menjadi cerpen. Bisa sekalian curhat. Hehe.

Menulis cerpen untuk mendapatkan penghasilan.

Seperti kita ketahui bersama, melalui kegiatan menulis cerpen kita juga bisa mendapatkan penghasilan yaitu berupa honor sebagai seorang penulis.

Di Indonesia banyak sekali media yang menerima cerpen, salah satunya kompas. Namun perlu di pahami bahwa sebagai seorang penulis pemula atau kita yang masih dalam tahap belajar, sebaiknya tujuan untuk mendapatkan penghasilan atau honor dari cerpen kita dapat di kesampingkan terlebih dahulu. Mengigat hal ini dapat menyebabkan kita patah semangat ketika tulisan kita tidak di muat oleh media atau penerbit yang kita tuju. Lebih baik kita fokus terlebih dahulu menulis cerpen yang baik.

Namun jika anda memiliki keyakinan bahwa mengirimkan cerpen ke media adalah untuk menguji seberapa mahir anda dalam menulis cerpen tidak ada salahnya, selain dapat melihat sejauh mana kualitas tulisan kita jika beruntung bisa dapat honor. Sekali mendayung dua tiga pulau terjajaki.

Menulis cerpen untuk kesenangan.

Alasan yang terakhir ini adalah alasan yang sering di kemukakan oleh penulis-penulis besar, “menulislah untuk bersenang-senang” atau “menulislah untuk kesenangan”.

Kalau kita sudah bisa menikmati dan mendapatkan kesenangan dari kegiatan menulis cerpen maka dengan sendirinya kita akan terbiasa untuk menulis dan terus belajar.

Saya sendiri memposisikan diri menulis seperti bermain game, ada level-level yang harus saya lalui dan saya senang melakukannya.

Bagi saya ketika tujuan saya menulis adalah untuk bersenang-senang saya menjadi tidak terlalu peduli ‘seperti’ apa cerpen yang saya tulis karena menulis cerpen saja sudah membuat saya senang, apalagi jika bisa dipublikasikan.

Meletakan kesenangan sebagai alasan dalam menulis cerpen membuat kita menikmati proses menulis cerpen ketimbang hasil dari cerpen yang kita tulis.

Tentu hal ini sangat manjur bagi pemula, sebab tulisan atau cerpen yang baik tidak muncul dalam sehari atau dalam satu cerpen namun bisa ratusan, bahkan ribuan.

Jadi bersenang-senanglah dalam menulis ide gagasan anda. Dengan terus belajar dan meningkatkan kualitas tulisan kita. Seperti saya contohkan tadi menulis seperti bermain game ada level-level yang harus dilewati agar tulisan semakin baik.

Nah demikian beberapa alasan atau tujuan menulis cerpen. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Mungkin anda juga tertarik dengan tulisan saya yang lain Panduan Singkat Menulis Cerpen atau Soal Puisi: Menemukan kata pada kue lapis

Salam
Mudjirapontur

Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed Instagram Feed

Sapa Maya

More Stories
Panduan singkat menulis cerpen